Flash Disk (FD) tiba-tiba mati

Saat ini Flash Disk (FD) merupaka suatu perangkat yang bisa dikatakan wajib dimiliki orang selain HP, terkadang sering terjadi maslah pada FD dan terkadang dari pada repot-repot ngurusin fFD yg eror mending beli baru aja. Sebelum anda memvonis USB flash disk anda memang bermasalah, yakinkan dulu bukan system/PC anda yg salah :
  1. Cek kabel USB extender (perpanjangan) ---> limit max 1.5 mtr. Jika lebih terjadi gangguan dan sering menyebabkan masalah. Kalau butuh panjang kabel lebih, disarankan menggunakan USB hub yg menggunakan power
  2. USB Hub (pemecah port USB) yg beredar di pasar umumnya tidak menggunakan power untuk membantu kestabilan voltage. Jika lebih dari 1 device USB terkoneksi ke USB hub dan tidak ada bantuan dari adapater power, biasanya terjadia masalah yg cukup mengganggu.
  3. Port USB Mobonya (seringkali front panel USB tidak sengaja terbalik sirkuitnya dan merusak port USB). Beberapa masalah justru malah berasal dari port USB yg ada di belakang Mobo, periksa apakah memang tidak ada masalah di Mobo
  4. OS/Windows yg bermasalah di driver / bentrok dengan driver dari UFD. Remove semua driver yg terinstalasi tidak benar dan memiliki masalah di Device Manager.
Berbeda ceritanya kalo saat flash disk tertancap di komputer win XP, sedang dipakai namun tiba-tiba windows hank alias frozen. Setelah komputer di booting paksa dan di hidupkan lagi, ternyata flash disk yang tertancap tadi mati. Falsh disk tidak bisa bekerja lagi. Windows mendeteksi kapasitasnya 0 MB dan mengeluarkan pesan untuk memformatnya. Dicoba untuk diformat gagal juga. Akhirnya gak terpakai lagi Flash disk

Kalau memang kasus seperti ini yang di alami terhadap kerusakan flash disk jangan khawatir kita masih bisa coba untuk menyelamatkan dan menghidupkanya lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya:
  1. Softawre yang kita perlukan untuk keperluan ini adalah HP Drive Boot Utility (buatan HP namun jangan khawatir ternyata bisa kita gunakan untuk merek yang lainya bahkan untuk memory camera juga bisa).
  2. Setelah di download, jalankan/ install dan pilih drive untuk falsh disk yang akan diperbaiki.
  3. Pilih tipe format disk yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS)
  4. Pilih Quick Format
  5. Kemudian pilih start untuk memulainya.
untuk mendownload softwarenya langsung aja ke sini =>jebakan<=

Popular posts from this blog

Lupa Nomor Anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Online (PNRI)

Membaca EPUB dengan Readium

Menampilkan Format Angka dalam Rupiah dengan PHP