Whatsapp vs Telegram

whatsapp vs telegram - Pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk merivew sedikit saja dari whatsapp dan telegram dari sudut pandang pengguna pemula.

Oke, saya rasa 90% pengguna smartphone  di Indonesia menggunakan whatsapp sebagai aplikasi. Yah setidaknya di kompleks saya seperti itu....

Telegram? 90% orang yang mendengar kata telegram pasti langsung mengacu pada gaya kirim mengirim mengirim pesan jaman dulu. Well sebenernya saya sendiri tidak tahu telegram konvensional jaman dulu itu seperti apa. Mau bilang buat kirim uang tapi kayaknya namanya wesel deh (kalo gak salah).

Whatsapp dan Telegram pada dasarnya adalah dua buah aplikasi instant messaging alias aplikasi chatting yang memungkinkan anda untuk saling berkirim pesan secara langsung kepada orang yang anda tuju tanpa perantara pak pos.

Lalu apa beda keduanya?

Berikut ini beberapa perbedaan yang paling berasa bagi saya sebagai pengguna (pure pengguna biasa)



Perbandingan Whatsap Telegram
ID pakai nomor hp pakai nomor hp
Username tidak ada ada
Nama Tampilan ada ada
Emoticon ada ada
Mention ada berdasarkan kontak ada berdasarkan username
Sticker tidak ada ada
File ada ada
Jenis File PDF dan Image Semua file
Batasan File 160 MB 1.5 GB
Max member grup 256 5000
Cek File/Gambar lama susah mudah dengen filter media
Cek File/Gambar yang belum download susah mudah dengan filter media
Call bisa tidak bisa
Status ada tidak ada
Channel tidak ada ada
Invite link tidak ada ada


Demikian beberapa perbandingan fitur dari keduanya yang selama ini saya gunakan. Penggunaan telegram selama ini banyak saya gunakan dalam berdiskusi dengan komunitas karena dalam grup komunitas bisa sampai ribuan orang menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan. Dan menyenangkannya lagi, anda bebas untuk masuk grup manapun selama anda mempunyai invite link ke grup tersebut, tanpa perlu menunggu admin untuk memasukkan anda ke dalam grup. Selain itu anda juga bisa membaca seluruh isi percakapan dalam grup sejak grup pertama kali di buat sampai saat ini walaupun anda baru bergabung dalam grup.

Well keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, alasan termudah dalam memilih instant messaging adalah berapa banyak teman teman anda yang menggunakan im tersebut.

Popular posts from this blog

Lupa Nomor Anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Online (PNRI)

Membaca EPUB dengan Readium

Menampilkan Format Angka dalam Rupiah dengan PHP